Senin, 04 April 2016

AMBALAN HASANUDDIN HM GELAR PELAYANAN KESEHATAN DAN PEMBAGIAN SUSU GRATIS





Banjarmasin - Dalam rangka peringatan hari ulang tahunnya ke-8, Gerakan Pramuka Ambalan Hasanudin HM Gugusdepan Banjarmasin 02.699-02.700, berpangkalan pada SMK Farmasi ISFI Banjarmasin, Minggu (3/4) mengadakan kegiatan sosial berupa pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kelurahan Alalak Utara di Halaman Mesjid Sairul Muhtadin atas kerja sama dengan Yayasan Radar Banjar Peduli (RBP).
Rangkaian kegiatan meliputi pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan tekanan darah, pengobatan gratis, serta cek gula darah, asam urat dan kolesterol. Pelayanan kesehatan ini melayani lebih dari 150 orang warga baik dewasa maupun anak-anak.
Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 wita, setelah pendaftaran dibuka, warga langsung melakukan pemeriksaan tekanan darah, kemudian menunggu antrian untuk pemeriksaan ke dokter. Setelah konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter, pasien diberi obat sesuai dengan keluhan yang disampaikan.
Kepala SMK Farmasi ISFI Banjarmasin, selaku ketua Mabigus, Drs. H. Fauzi Anwar, Apt.  mengatakan kegiatan pengobatan gratis ini digelar sebagai wujud kepedulian dan rasa berbagi organisasi Ambalan Pramuka ini kepada masyarakat.
“Dewan Ambalan Hasanuddin HM diharapkan dapat terus menumbuhkan rasa kepedulian dan berbagi kepada masyarakat di mana pun mereka berada,” tambah Fauzi.
Manajer Keuangan RBP, Nurhayah dalam kesempatan ini turun langsung melakukan pemantauan terhadap kegiatan tersebut. Nurhayah menilai, agenda Pelayanan kesehatan gratis ini sangat baik dan bermanfaat serta harus terus dilanjutkan.
“Kita patut mengacungi jempol, karena semangat dari orang-orang muda ini untuk melakukan aktivitas sosial dan mau berbagi dan berkhidmat untuk masyarakat,” kata Nurhayah.
Syahrain, warga Alalak Utara RT 10 sangat senang dengan pemeriksaan gratis yang diadakan di tempatnya. “Terima kasih banyak mau jauh-jauh datang kemari hanya untuk memeriksa kesehatan kami. Sudah lama saya menderita sakit di bagian kaki, Alhamdulillah tadi sudah periksa dan konsultasi sama dokter. Dokternya baik,” katanya sambil tersenyum lebar.
Selain pelayanan kesehatan, Ambalan Hasanudin HM juga bekerja sama dengan Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) membagikan susu gratis kepada Balita. Program nasional dari ACT ini bekerja sama dengan Sari Husada bertajuk Nutrisi untuk Bangsa membagikan susu gratis kepada balita ke seluruh Indonesia.
“Keterbatasan masyarakat sekitar membuat mereka lupa pentingnya kesehatan tubuh dan gizi dalam pertumbuhan anak,  dengan itu kami bekerja sama dengan ACT dan RBP memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Kelurahan Alalak Utara dan susu gratis kepada balita 1-3 tahun.” ujar Haidir, Pembina gugusdepan 02.699. “Terbukti terlihat dengan antusiasme masyarakat yang sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini,” tambahnya.

Dia juga menambahkan, kegiatan ini pertama kali dilakukan oleh Ambalan Hasanudin HM dan juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-8. Selain pelayanan kesehatan, nantinya akan diadakan perlombaan bagi Pramuka dengan mengundang Penggalang dan Penegak di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kab. Banjar dan Kab. Batola pada tanggal 7-8 Mei 2016. (Hanny)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar